10 December 2011

El Clásico, Dari Sejarah Hingga Kepala Babi

 Pusat perhatian pecinta sepakbola dunia kini tengah mengarah ke Spanyol. Real Madrid akan kembali bertarung dengan seteru abadinya Barcelona di laga bertajuk El Clasico. Banyak alasan yang membuat laga ini tak hanya sekedar pertandingan biasa.

Duel El Real kontra Blaugrana kini dianggap sebagai duel terakbar di dunia. Bertabur bintang dan rivalitas yang telah mendarah daging di antara kedua tim menjadi dua dari banyak alasan duel ini akan penuh dengan aroma dendam.

Namun masih banyak alasan lain yang membuat El Clasico selalu 'sukses' menyedot perhatian pecinta sepakbola dunia. Berikut ini beberapa alasan yang berhasil dihimpun:

1. El Clasico saat ini menjadi pertandingan kedua yang paling banyak ditonton setelah final Champions League untuk level klub. Untuk kompetisi antar negara, final Piala Dunia dan final Euro masih menjadi yang teratas.

2. Real Madrid dan Barcelona tak pernah ternoda dengan status mereka sebagai klub raksasa Eropa. Keduanya tak pernah merasakan terdegradasi di liga domestik.
3. Duel dua pemain terbaik dan dua pelatih terbaik di dunia. Di kubu Madrid ada Cristiano Ronaldo dan Jose Mourinho. Sedangkan di kubu Barcelona ada sosok Lionel Messi dan Josep Guardiola. Tak heran jika duel Madrid kontra Barca selalu mengerucut pada keempat sosok di atas.

4. Status Real Madrid sebagai penguasa sepakbola dunia. Los Blancos saat ini tercatat sebagai klub tersukses dengan torehan 74 trofi. Barcelona berada di posisi kedua dengan 72 trofi. Namun dipentas Eropa, Madrid lebih mentereng dengan sembilan trofi Champions League sedangkan Barca dengan empat trofi.

5. Alasan politik. Bukan rahasia jika duel Madrid kontra Barcelona ibarat perang antara pemerintah dengan pemberontak. Madrid simbol dari negara Spanyol sedangkan Barca adalah bangsa Catalan yang ingin merdeka. Tak heran jika di Catalunya, Barcelona dianggap bukan hanya sebuah klub, namun lebih sebagai simbol perjungan rakyat Catalan.

6. Selama perang sipil di Spanyol pada 1936, intimidasi pemerintah Spanyol terhadap Barcelona mencapai puncaknya. Presiden Barca saat itu, Josep Sunyol ditangkap dan dieksekusi mati atas intruksi diktator Spanyol, Francisco Franco. Tak hanya itu, banyak pemain-pemain Barcelona saat itu yang juga ikut berperang melawan kekuatan militer Spanyol.

7. Kepindahan Luis Figo. Sosok Figo memang bukan orang pertama yang memulai eksodus pemain Barcelona ke Real Madrid. Namun tak bisa dipungkiri jika kepindahan Figo tetap dianggap punya pengaruh besar atas rivalitas Barca dan Madrid. Gelandang Portugal ini adalah ikon sekaligus pahlawan Barcelona setelah sukses memberikan dua gelar liga di akhir 1990an. Namun di tahun 2000, Figo secara mengejutkan hijrah ke Madrid. Hal itu membuat fans Barca marah.

Tak heran, saat ia menjalani pertandingan pertama di Camp Nou dengan kostum Madrid, sambutan 'luar biasa' diberikan pendukung tuan rumah. Botol plastik kosong dilempar, Figo masih tersenyum. Botol bir dilempar, senyum Figo mulai lenyap. Puncaknya, kepala babi dilempar fans Barca yang membuat Figo naik pitam. Kenangan inilah yang ikut andil mengobarkan api permusuhan kedua klub Spanyol ini.

0 comments:

:1 :2 :3 :4 :5 :6 :7 :8 :9 :a :b :c

Post a Comment

Silahkan beri komentar yg baik dan sopan, komentar SARA atau KASAR dianggap spam dan akan dihapus. Saya butuh saran dan kritik dari anda. Email: fhanzi.stay@gmail.com
Untuk menambahkan Kaskus Emoticons, gunakan kode seperti diatas. Contoh: Artikel yang bagus gan :6